Variabel
yang membuat sekolah bermutu adalah guru-gurunya yang memiliki tingkat
adaptsi yang tinggi dalam lingkungan yang selalu berubah. Ilmu
pengetahuannya selalu terbarukan sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat. Kemajuan sekolah
dipengaruhi oleh tingkat perkembangan keterampilan guru dalam
mendongkrak kemajuan siswa belajar. Keterampilan terbaiknya adalah
membuat siswa belajar bagaimana caranya belajar.
Guru yang efektif yang membuat siswanya
balajar mandiri, meningkatkan keterampilannya karena kemauan belajarnya
yang meningkat dari waktu ke waktu. Kemajuan sekolah didorong oleh
kemampuan guru selalu menyajikan hal-hal yang baru sehingga siswa
memiliki motivasi yang kuat untuk mengeksplorasi banyak fenomena untuk
mendapatkan pengetahuan yang baru.
Sekolah yang bermutu memiliki orang tua
yang partisipatif mendukung siswa mempersiapkan dan meningkatkan
aktivitasnya mempelajari berbagai hal yang bermutu. Meningkatkan kemauan
siswa untuk selalu bekerja dengan baik. Pemantapan belajarnya selalu
tertingkatkan melalui pengulangan dan pembiasaan. Orang tua yang efektif
adalah yang memahami kebutuhan siswa belajar, mendukung guru-guru
bekerja efektif.
Sekolah yang efektif adalah sekolah yang
dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan global
yang diintegrasikan dengan teknologi sehingga dinding kelas tidak
menjadi pembatas pikiran siswa untuk berkembang. Sekolah mampu
mengintegrasikan sumber daya sekitar wilayahnya menjadi bagian dari
peraga pembelajaran yang efektif. Pelaksanaan pendidikan terintegrasi
pada kemajuan masyarakatnya dan terkait pada kemajuan yang bangsa-bangsa
lin pamerkan. Pikiran siswa dibuka lebar dengan wawasan global.
Variabel utama penentu kemajuan ialah
kepala sekolah. Kepala sekolah adalah kunci kemajuan sekolah. Semua
potensi yang tersedia di sekolah tidak akan berarti apa-apa di tangan
kepala sekolah yang tidak kreatif. Sebaliknya berbagai keterbatasan
akan perubah di tangannya karena ia cerdas mengolahnya.
Kepala sekolah menggerakan seluruh insan
di sekolah dengan cepat dan aman, seperti seorang pilot persawat jumbo
yang selalu sigap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan,
pemberani dan penuh berdisiplin, berpikir dan bergerak cepat.
Pikirannya selalu jauh melampaui pandangan orang-orang di sekitarnya
karena karakternya yang selalu mendahului orang dalam belajar.
Perhitungannya lebih kuat, lebih cepat, lebih dinamis, lebih mengarah,
lebih teriorganisir dalam memfasilitasi dan menggubah semua potensi menjadi prestasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar