Untuk lebih memperluas pemahaman mengenai kepemimpinan kepala sekolah, kita dapat mengeksplorasi melalui sejumlah pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan pemimpin ?
Beberapa ahli merumuskan definisi kepemimpinan ;
- Feldmon (1983) mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah usaha sadar yang dilakukan pimpinan untuk mempengaruhi anggotanya melaksanakan tugas sesuai dengan harapannya.
- Newell (1978) mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai pengembangan atau tujuan organisasi.
- Stogdil mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktifitas kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Apa peran kepala Sekolah sebagai pemimpin ?
Kepala sekolah memiliki peran untuk meningkatkan :
- Semangat kerja guru;
- Kemampuan kerja guru;
- Keefektifan kerja tim guru;
- Meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kemampuan yang harus dimiliki kepala sekolah adalah sebagai berikut :
- Memimpin;
- Mengambil keputusan;
- Menggerakan orang melalui komunikasi;
- Membangun tanggungjawab;
- Mendelegasikan kewenangan.
Kepemimpinan kepala sekolah diarahkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu pengembangan pendidikan yang berdasar pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan jaman.
5. Apa yang harus menjadi fokus perhatian kepala sekolah?
Fokus kepemimpinan adalah mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, sehingga dapat memenuhi standar kompetensi lulusan yang beriman dan bertaqwa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggunjawab. Suasana dan proses pembelajaran yang berkeunggulan adalah yang dapat meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan yang sekolah harapkan.
6. Apa dampak kepemimpinan yang efektif?
- Meningkatnya semangat kerja guru;
- Meningkatnya kemampuan kerja guru;
- Meningkatnya keefektifan kerja tim guru;
- Meningkatnya prestasi belajar siswa;
- Meningkatkan kepuasan publik atas pelayanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar