Suasana PPDB 2014-2015 di SMA NEGERI 1 TEMBILAHAN

Rabu, 10 Agustus 2011

Ikhtisar: Kepemimpinan Kepala Sekolah


Dalam pelaksanaan tugasnya, kepemimpinan kepala sekolah berkaitan dengan tanggung jawab mengintegrasikan lima komponen organisasi yang meliputi pengembangan 1) hubungan antar institusi   2) hubungan antar kelompok 3) hubungan antar personal 4) hubungan antar siswa dan 5) hubungan dengan orang tua siswa untuk mewujudkan keunggulan siswa. Agar tujuan organisasi  tercapai secara optimal, maka sinergi antar pelaku organisasi terkelola,  teroganisi dan terintegrasi dalam ritme kerjasama yang harmonis. Keberhasilan tugas kepala sekolah dalam melaksanakan peran tersebut sangat bergantung kekuatan kepemimpinannya.
Untuk lebih memperluas pemahaman mengenai kepemimpinan kepala sekolah, kita dapat mengeksplorasi melalui sejumlah pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan pemimpin ?
Beberapa ahli merumuskan definisi kepemimpinan ;
  • Feldmon (1983) mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah usaha sadar yang dilakukan pimpinan untuk mempengaruhi anggotanya melaksanakan tugas sesuai dengan harapannya.
  • Newell (1978) mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai pengembangan atau tujuan organisasi.
  • Stogdil mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktifitas kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat mengelola serangkaian proses menggerakkan, mempengaruhi dan membimbing orang lain dalam rangka mencapai tujuan. Seorang kepala sekolah yang efektif memiliki kemampuan memimpin dan mengambil keputusan. Keputusan yang baik didukung dengan  kemampuan berkomunikasi. Menyatukan pikiran agar dapat menggerakan orang-orang dan membantu mereka membangun tanggung jawab. Juga harus memiliki kemampuan mendelegasikan tugas dan wewenang kepada staf.
2. Apa peran kepala Sekolah sebagai pemimpin ?
Kepala sekolah memiliki peran untuk  meningkatkan  :
  • Semangat kerja guru;
  • Kemampuan kerja guru;
  • Keefektifan kerja tim guru;
  • Meningkatkan prestasi belajar siswa.
3. Kemampuan apa yang perlu di miliki kepala sekolah miliki ?
Kemampuan yang harus dimiliki kepala sekolah adalah sebagai berikut :
  • Memimpin;
  • Mengambil keputusan;
  • Menggerakan orang melalui komunikasi;
  • Membangun tanggungjawab;
  • Mendelegasikan kewenangan.
4. Kemana kepemimpinan itu diarahkan ?
Kepemimpinan kepala sekolah diarahkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu pengembangan pendidikan yang berdasar pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan jaman.
5. Apa yang harus menjadi fokus perhatian kepala sekolah?
Fokus kepemimpinan adalah mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, sehingga dapat memenuhi  standar kompetensi lulusan yang beriman dan bertaqwa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggunjawab. Suasana dan proses pembelajaran yang berkeunggulan adalah yang dapat meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan yang sekolah harapkan.
6. Apa dampak kepemimpinan yang efektif?
  • Meningkatnya semangat kerja guru;
  • Meningkatnya kemampuan kerja guru;
  • Meningkatnya keefektifan kerja tim guru;
  • Meningkatnya prestasi belajar siswa;
  • Meningkatkan kepuasan publik  atas pelayanan.
Pada ujungnya keberhasilan sekolah diukur dengan kekuatannya untuk mewujudkan keunggulan, yang membuat sekolahnya memiliki ciri-ciri yang lebih baik daripada sekolah lainnya yang sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar